Sudahkah anda mengenal diri anda sendiri?


Gunakan skala 1 – 5 di mana
5 berarti selalu benar tentang saya
4 berati cukup sering benar tentang saya
3 berarti terkadang benar tentang saya
2 berarti jarang-jarang benar tentang saya
1 berarti tidak pernah benar tentang saya

1. Saya mengkhawatirkan bagaimana pandangan orang lain tentang saya
2. Saya bertanya kepada diri sendiri mengapa saya berperilaku seperti ini
3. Saya bercermin sebelum keluar rumah
4. Saya menjadi gugup ketika seseorang yang saya anggap sebagai sahabat bersikap dengan cara yang tidak saya pahami
5. Saya khawatir kalau-kalau saya terlalu kosong
6. Saya menjadi gugup ketika memasuki sebuah ruangan dan tidak mengenal siapapun
7. Saya suka mereka-reka apa yang di pikirkan orang
8. Ada hal tertentu tentang bahasa tubuh orang yang selalu saya perhatikan
9. Menurut saya kita perlu bersikap tenang, berkepala dingin, dan menguasai diri
10. Seandainya saja penampilan saya lain—lebih sedap di pandang seperti Nicole Kidman atau Brad Pitt—namun saya tidak sampai terjaga sepanjang malam untuk menyesalkannya
11. Saya kesulitan berkonsentrasi mendengarkan apa yang mau di katakan orang
12. Saya sering cemas kalau-kalau saya tidak memberikan kesan yang baik
13. Saya suka mengamati orang
14. Saya suka mengamati orang ketika mereka tidak menyadari sedang saya amati
15. Saya merasa terganggu kalalau-kalau orang menerka apa yang sedang saya pikirkan hanya karena mereka memandangi saya

Pertanyaan 1-16,12 dan 15 menilai kecemasan anda tentang kesan yang anda berikan
• 30-40 mengindikasikan bahwa anda sangat cemas tentang bagaimana anda menampilkan bahasa tubuh anda
• 20-30 mengindikasikan bahwa anda agak cemas tentang hal itu
• Di bawah 20 mengindikasikan bahwa anda sangat relaks tentang hal ini
Pertanyaan 7-11, 13 dan 14 adalah tentang bersikap tidak terlekat dan ingin tahu tentang bahasa tubuh
• 25-35 anda sangat ingin tahu tentang bahasa tubuh orang lain dan sangat tidak terlekat
• 15-25 anda secara rata-rata ingin tahu dan tidak terlekat
• Di bawah 15 anda benar-benar tidak mau tahubahas tubuh orang lain—dan melewatkan petunjuk-petunjuk mempesonakan tentang bagaimana manusia berperilaku

Profesor Albert Mehrabian mengatakan bahwa
• 7 % dari maksud terkandung dalam perkataan yang di ucapkan
• 38 % dari maksud bersifat para linguistik (bagaimana perkataannya di ucapkan)
• 55 % dari maksud terkandung dalam ekspresi wajah

Leave a Reply

